Strategi diferensisiasi merupakan
suatu strategi organisasi yang bertujuan
untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang berbeda dengan
produk atau jasa dari perusahaan lain. Dengan kata lain, produk atau jasa yang
dihasilkan haruslah mempunyai identitas. Identitas produk
atau jasa ini dapat berupa atribut-atribut yang melekat pada produk atau jasa
tersebut sehingga dapat dikenal oleh pelanggan. Fokus utama
strategi diferensiasi adalah
pada loyalitas pelanggan
terhadap produk atau jasa perusahaan.
Cara melakukan diferensiasi tiap perusahaan
berbeda beda. Hal ini tergantung pada karakteristik perusahan, produk atau jasa yang dihasilkan dan besar kecilnya
perusahaan. Diferensiasi dapat didasarkan pada produk itu sendiri, sistem
penyerahan produk yang digunakan untuk dijual, pendekatan pemasaran, dan jajaran luas
factor lain.
Perbedaan atau ciri khas yang melekat
pada suatu produk seringkali
mencerminkan harga yang lebih tinggi dibandingkan
dengan produk lain yang tidak memiliki diferensiasi, sehingga bagi pelanggan yang hendak
membeli produk tersebut. Untuk menerapkan strategi diferensiasi,
suatu lembaga perlu
memperhatikan ketrampilan dan sumber daya korporasi
dan organisasi korporasi.
Berikut adalah strategic focus diagram, yang dapat membantu perusahaan untuk menentukan focus strategi perusahaan atau produknya.
Balanced scorecard
adalah sistem manajemen yang bertujuan untuk menerjemahkan tujuan strategis
organisasi ke dalam serangkaian tujuan kinerja yang, pada gilirannya, diukur,
dipantau, dan diubah jika perlu untuk memastikan bahwa tujuan strategis
organisasi terpenuhi.
Perspektif Balanced Scorecard
- Perspektif Keuangan. Perspektif keuangan sangat erat
sekali kaitannya dengan pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan.
- Perspektif Pelanggan.
- Perspektif Proses Bisnis Internal.
- Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.
No comments:
Post a Comment