Wednesday, November 17, 2021

STRATEGIC FOCUS DAN BALANCED SCORECARD

 

 

Strategi diferensisiasi merupakan suatu strategi organisasi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang berbeda dengan produk atau jasa dari perusahaan lain. Dengan kata lain, produk atau jasa yang dihasilkan haruslah mempunyai identitas. Identitas produk atau jasa ini dapat berupa atribut-atribut yang melekat pada produk atau jasa tersebut sehingga dapat dikenal oleh pelanggan. Fokus utama strategi diferensiasi adalah pada loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa perusahaan.

Cara melakukan diferensiasi tiap perusahaan berbeda beda. Hal ini tergantung pada karakteristik perusahan, produk atau jasa yang dihasilkan dan besar kecilnya perusahaan. Diferensiasi dapat didasarkan pada produk itu sendiri, sistem penyerahan produk yang digunakan untuk dijual, pendekatan pemasaran, dan jajaran luas factor lain.

Perbedaan atau ciri khas yang melekat pada suatu produk seringkali mencerminkan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk lain yang tidak memiliki diferensiasi, sehingga bagi pelanggan yang hendak membeli produk tersebut. Untuk menerapkan strategi diferensiasi, suatu lembaga perlu memperhatikan ketrampilan dan sumber daya korporasi dan organisasi korporasi.





Berikut adalah strategic focus diagram, yang dapat membantu perusahaan untuk menentukan focus strategi perusahaan atau produknya.

Balanced scorecard adalah sistem manajemen yang bertujuan untuk menerjemahkan tujuan strategis organisasi ke dalam serangkaian tujuan kinerja yang, pada gilirannya, diukur, dipantau, dan diubah jika perlu untuk memastikan bahwa tujuan strategis organisasi terpenuhi.

Perspektif Balanced Scorecard

  • Perspektif Keuangan. Perspektif keuangan sangat erat sekali kaitannya dengan pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan.
  • Perspektif Pelanggan.
  • Perspektif Proses Bisnis Internal.
  • Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

No comments:

Post a Comment